Booth pameran atau bisa disebut
stand pameran, dalam pengertian umum adalah suatu tempat atau sekumpulan perangkat yang berisi material promosi yang ditempatkan pada suatu kegiatan pameran, dalam hal ini bisa berupa stand banner, pop-up displai, flat panel display dan lainnya.Jadi, Booth pameran merupakan sebuah mini stage beserta aksesorisnya yang digunakan sebagai ajang promo produk, jasa, maupun branding perusahaan pada sebuah event pameran/exhibition. Booth biasanya dibuat untuk beberapa pameran dengan tema tertentu yang sifatnya musiman. Dengan desain dari booth itu sendiri biasanya menyesuaikan identitas perusahaan serta tema pameran haruslah memenuhi dua tujuan yaitu :
- Membangun citra positif perusahaan dan menjual produk/jasa.
- Bagian dari komunikasi dan control dengan pelanggan dan calon pelanggan potensial
Dari beberapa literatur yang membahas secara dalam mengenai pameran, exhibition maupun trade show. Kami tim International exhibition merangkum beberapa manfaat dari Booth Pameran Exhibition, diantaranya:
- Ajang promosi produk atau jasa serta membangun citra positif perusahaan.
- Membangun korespondensi yang lebih intim dengan klien potensial.
- Sebagai bagian perwakilan perusahaan.
- Bagian dari efisiensi biaya
- Sebagai Media Marketing
Menurut David Kaminer (President of The Kaminer Group) memberikan penjelasan mengenai alasan utama perusahaan-perusahaan berpartisipasi dalam banyak pameran adalah “Cost Efficiency”. Pameran terbukti tiga kali lipat lebih efektif dari pada “sales call”
Lebih dari 50 % data di pameran tidak membutuhkan sales call untuk terjadi transaksi, dan lebih dari 80 % pengunjung memiliki pengaruh untuk membeli di perusahaan /organisasinya.
Siapa yang biasanya hadir di acara pameran berskala nasional maupun
international exhibition
- 25 % + = Top management : Presidents, owners Partners, VP, GM
- 50 % + = Middle management
Booth pameran sebagai media marketing menurut American Business Press Research menduduki urutan kedua sebagai “most useful” marketing media.
Adapun 7 urutan rangking adalah sebagai berikut:
- 76,4 % :Specialized Business Publication
- 67,6 % :Exhibition / Pameran
- 67,1 % :Sales Person
- 61,4 % :Convention, Seminar
- 56,4 % :Direct Mail
- 46,8 % :Business Directory
- 35,7 % :General Business Publication
0 comments:
Post a Comment